Kamis, 06 Agustus 2009

ECLAIR

Posted by Ernie Setiawati at 21.12
Bahan :

200 ml air
125 gram mentega
1/4 sendok makan garam
150 gram terigu
4 butir telur

Bahan Isi :

75 gram gula pasir atau menggunakan whipped cream
1 butir kuning telur
1 sendok makan maizena
250 ml susu

Bahan Hiasan :

150 gram cooking coklat
1 sendok makan mentega
1 sendok teh gula halus
cherry, potong kecil-kecil

Cara Membuat :

Untuk kulit, panaskan air, mentega dan garam dalam panci sampai mendidih. Kecilkan api kompor, masukkan terigu, aduk sampai tercampur rata. Lakukan sampai matang dan tidak lengket di panci. Angkat dan diamkan sebentar.

Masukkan telur satu per satu sambil diaduk dengan cepat (menggunakan tangan ) sampai halus dan mengkilat. Masukkan adonan ke dalam semprotan kue. Semprotkan ke loyang yang sudah diolesi mentega. Kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 100 derajat Celcius sekitar 30 menit. Angkat, dinginkan. gunting/iris bagian tengah secara melintang.

Sedang untuk isinya, campurkan kuning telur, maizena dan sedikit susu, sisihkan. Sisa susu dimasak dengan gula dan vanili. Setelah mendidih kecilkan api. Tuang campuran yang telah dibuat tadi sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Selanjutnya bisa diisikan ke dalam kulit eclair.

Bila ingin praktis dapat menggunakan whipped cream.

Sebagai penghias, tim coklat dan mentega. Angkat, biarkan hingga panasnya berkurang. Bila sudah hangat, oleskan pada permukaan eclair. Kocok gula dan mentega sampai putih, semprotkan dengan semprotan kecil secara zig zg pada permukaan eclair yang sudah dilapisi coklat. Tempelkan cherry di sudut-sudut hiasan yang telah dibuat.

0 comments on "ECLAIR"

Posting Komentar

 

Resep Masakan Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez